Sprinkled Donut

Rabu, 21 Desember 2016

Pengaruh Asam Basa pada Makanan


                                              Pengaruh Asam-Basa pada Makanan
Disusun :
- Mardatila
1    .      M. Ade Bimantara
2    .      Harnita Selviana
4   .      Nabila Tri Anggraini

Kelas : 12 Ipa 1

SEKOLAH MENENGAH  ATAS PUSRI PALEMBANG
TAHUN AJARAN 2013/2014

Daftar Isi
Daftar Isi                                                                                                                   i
Kata Pengantar                                                                                                         ii
1.      Pendahuluan
1.1  Latar Belakang                                                                                                         4
1.2  Rumusan Masalah                                                                                                   5
1.3  Tujuan                                                                                                                  5
1.4  Manfaat                                                                                                                5
1.5  Landasan Teori                                                                                                      6
1.6  Hipotesis                                                                                                               7
1.7  Sumber Data                                                                                                         7
1.8  Metode dan Teknik                                                                                                7
2.      Pembahasan                                                                                                       8
3.      Penutup
3.1 Kesimpulan                                                                                                   10
3.2 Saran                                                                                                            11
Daftar Pusaka                                                                                                     12

Kata Pengantar
         Segala puji & syukur penulis sampaikan kepada allah SWT, karena atas berkat & limpahan rahmatnya lah peulis dapat menyelesaikan sebuah karya ilmiah denga tepat waktu .
         Dalam karya ilmiah ini penulis akan membahas tentang “ Pengaruh Asam-Basa pada Makanan “ yang menurut penulis dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua agar kita dapat mengetahui isi kandungan pada makanan yang sering kita makan.
         Sebelumnya penulis terlebih dahulu meminta maaf dan memohon maklum bila isi karya ilmiah ini ada kekurangan dan kesalahan atau menyinggung perasaan pembaca.
         Dalam makalah ini, penulis juga banyak mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak serta masyarakat yang telah banyak membantu dalam pembuatan karya ilmiah ini sehingga karya ilmiah ini dapat diselesaikan dengan baik.
         Penulis sadar sebelumnya jika makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis minta kritik dan saran dari pembaca agar kekurangan terebut dapat penulis perbaiki di karya ilmiah selanjutnya.
         Dengan ini penulis mempersembahkan karya ilmiah dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi karya ilmiah ini sehingga dapat bermanfaat.
Palembang, 2 Februari 2014
                                                                                                                 Penulis


Bab I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
        Dewasa ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui isi kandungan pada makanan yang dimakan sehari-hari, baik makanan cepat saji atau pun  makanan yang harus diolah terlebih dahulu.
Hal itu terlihat dari dampak yang terjadi pada masyarakat setalah mengonsumsi makanan tersebut.Biasanya dampak ini berupa sakit batuk, pilek bahkan sampai menyebabkan kematian.
     Selain itu, Asam-Basa juga mudah di jumpai disetiap makanan  dan tak hanya itu, kandungan Asam-Basa juga terdapat pada larutan-larutan yang sering kita gunakan sehari-hari seperti larutan deterjen, larutann air hujan, larutan cuka dan lain-lain.
     Asam-Basa ini mempunyai jenis mulai dari yang berbahaya sampai yang tidak berbahaya dan ini bisa kita ukur menggunakan alat ukur yang bernama PH meter, Larutan Indikator, Kertas Universal, Kertas Lakmus dan Rumus.
     Saat ini didalam makanan banyak yang mengandung senyawa kimia. Hal ini bisa dilihat dari warna yang mencorok serta lamanya makanan tersebut bisa awet dalam jangka waktu tertentu.
      Tak hanya itu, selain memiliki resiko yang tinggi, Asam-Basa juga ada yang memiliki manfaat .
     Berdasarkan hal itulah penulis melakukan penelitian ini dengan maksud agar pembaca dapat mengetahui pengaruh Asam-Basa pada makanan.

1.2  Rumusan Masalah
1.2 1. Apa yang dimaksud dengan Asam ?
1.2 2. Apa yang dimaksud dengan Basa ?
1.2 3. Apa jenis Asam yang berbahaya bagi kesehatan tubuh ?
1.2 4. Bagaiman cara mengetahui jika makanan tersebut mengandung
               Asam/Basa ?
1.2 5. Bagaimana pengaruh Asam-Basaterhadap makanan ?
1.3 Tujuan
      Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu, :
a.  Untuk mengetahui apa itu Asam
b.     Untuk mengetahui apa itu Basa
c.  Untuk mengetahui jenis-jenis Asam yang berbahaya
d.    Untuk mengetahui jika makanan tersebut mengandung Asam-Basa
e.  Untuk mengetahui pengaruh Asam-Basa terhadap makanan
1.4  Manfaat
        Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi penulis dan pembaca agar kita dapat membedakan mana makanan yang baik dan makanan yang tidak baik, tak hanya itu kita juga bisa mengetahui larutan mana yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.dan dapat memahami perbedaan antara larutan-larutan asam maupun basa yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

1.5  Landasan Teori
       Landasan teori yang dipakai untuk melakukan pratikum ini adalah: keasaman atau kebasaan suatu zat tergantung pada banyak ada tidaknya ion H(untuk asam) dan ion OH(untuk basa) dalam zat tersebut serta derajat ionisasi zat tersebut.
Menurut penulis asam adalah larutan yang < 7,sedangkan basa adalah larutan yang >7. Sebagaimana dikatakan  oleh (1884: 107) sebagai berikut.
       Asam adalah suatu zat apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan             
       ion
  dimana ion tersebut merupakan satu-satunya ion yang ada dalam |     |  larutan. Basa merupakan zat yang apabila dilarutkan dalam air akan
      terionisasi akan menghasilkan ion 
 ,dan ion tersebut adalah satu-    
      satunya yang ada di dalam larutan.
      Tak hanya itu, (1923: 125) mengatakan,bahwa asam
adalah pemberian/donor proton dan basa adalah penerima/akseptor proton.
     Ilmuwan lain 1932: 142) mengatakan,basa adalah zat yang memiliki 1 atau lebih PEB,sedangkan asam adalah zat yang dapat menerima PEB.

       1.Archenius adalah seorang ilmuwan Swedia yang mrerupakan salah satu pengagas kimia fisik.
          2.Broansted-lowry adalah seorang ilmuwan yang spesi kimia.
         3. Lewis adalah seorang ilmuwan yang merupakan salah satu spesi kimia dan fisika.

1.6  Hipotesis
     Asam-Basa memiliki jenis mulai dari Asam lemah, Asam kuat, Basa Lemah, Basa Kuat dan Netral hal ini dapat dilihat dari tingkat pH tersebut. Contoh: Asam Kuat (HCl, H2SO4,HClO 4 ) Asam Lemah (CH3COOH, HF ).
Selain itu Kekuatan Asam memiliki skala tertentu.
       Peder (1909: 210) mengatakan, larutan tersebut dapat mengandung Asam/Basa melalui konsep pH.
Air murni bersifat netral, dengan pH nya di tetapkan sebagai 7,0. Larutan dengan pH kurang dari 7 bersifat Asam, dan larutan dengan pH lebih dari 7 bersifat Basa.
1.7  Sumber Data
     Penelitian ini bersumber dari kepustakaan dan hasil diskusi sahingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan baik.
1.8  Metode dan Teknik
A.    Metode Pengumpulan Data
  Cara studi pustaka
B.    Teknik Penelitian
   Observasi

Bab II
Pembahasan
Pembahasan yang kami bahas sesuai dengan praktikum yang kami lakukan :
Asam adalah larutan dalam air terurai menghasilkan ion H+
Basa adalah larutan dalam air terurai menghasilkan ion OH-
Contoh Asam dan Basa yaitu :
1.      HCl                + 
2.      NaOH                +  
Jenis Asam Yang berbahaya bagi tubuh yaitu Asam , Asam  dan lain lain.
       Kita dapat mengetahui jika makanan tersebut mengandung asam/basa bila di ukur dengan kertas lakmus, kertas lakmus ini memiliki 2 warna yaitu biru dan merah. Warna merah membuktikan jika larutan tersebut mengandung Asam, dan warna Biru  membuktikan jika larutan tersebut mengandung Basa. Contoh nya larutan jeruk nipis setelah penulis uji dengan menggunakan kertas lakmus berwarna merah maka tetap berwarna merah dan jika menggunakan kertas lakmus berwarna biru  maka berubah menjadi warna merah. Hal tersebut membuktikan jika larutan tersebut mengandung kandungan Asam.
      Jika larutan tersebut mengandung kandungan Netral apabila  nya 7 dan ini tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, contoh larutan netral yaitu Aqua.
Hal ini telah kami uji pada praktikum yang kami lakukan.
       4.Asam sulfat merupakan asam mineral yang kuat.
       5. Asam asetat adalah senyawa kimia asam organik yang dikenal sebagai pemberi rasa asam dan aroma
           dalam makanan.
       6. pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman yang dimiliki.
      Hidrogen ( ) yang terlarut. Tingkat keasaman dan kebasaan di ukur dengan suatu standar yang didasarkan pada ionasi ringan yang dialami air. Keasaman ditentukan oleh konsentrasi , sedangkan kebasaan adalah fungsi dari konsentrasi . Nilai pH yang ditemui pada kebanyakan organisme dan bagian-bagian nya biasanya mendekati ke netral. Skala pH bukanlah skala absolut tetapi bersifat relatif terhadap sekumpulan larutan standar yang pH nya di tentukan berdasarkan persetujuan internasional Reaksi umum yang terjadi pada titrasi asam basa.
      Ion  bereaksi dengan OH­- membentuk  sehingga hasil akhir titrasi pada titik ekuivalen pH larutan adalah netral
         Archenius (1884: 220) Indikator adalah zat warna larut yang perubahan warna nya tampak jelas dalam rentang pH yang sempit.
Asam juga mempunyai manfaat yaitu :
1.      Untuk pengawet makanan
2.      Untuk penyedap rasa
Manfaat basa yaitu :
1.      Sebagai obat lambung
2.      Sebagai sabun cuci
3.      Sebagai alat pembersih untuk mandi. Contoh nya pepsodent, sabun dll

Dampak asam-basa yaitu :
1.      Kerusakan pada lambung
2.      Iritasi berat bila terhirup, bersin
3.      Iritasi pada mata
4.      Jika tertelan, asam mengakibatkan luka bakar serius pada mulut, tenggorokan dan perut
5.      Iritasi pada kulit


Bab III
Penutup
3.1 Kesimpulan
       Dari percobaan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa asam adalah larutan air terurai yang menghasilkan ion H+ dan basa adalah larutan air terurai yang menghasilkan ion OH- .
Contoh larutan yang bersifat asam yaitu :      1. Larutan HCl
                                                                        2. Larutan jeruk
                                                                        3. Larutan cuka makanan
Contoh larutan yang bersifat basa yaitu :       1. Larutan NaOH
                                                                        2. Larutan soda kue
                                                                        3. Larutan sabun
Contoh larutan yang bersifat netral yaitu :     1. Aqua
Kesimpulan lain yaitu :
Jika tingkat keasaman suatu larutan semakin mendekati skala 1 maka larutan tersebut tidak baik untuk dikonsumsi karna dapat memyebab kan kematian, dan jika tingkat kebasaan suatu larutan semakin mendekati skala 14 maka larutan tesebut dapat di konsumsi.

3.2 Saran
      Penulis mohon saran dari pembaca agar karya ilmiah ini mejadi lebih baik.

Daftar Pusaka
Depdikbud. 1981. Petunjuk Praktikum Ilmu  Kimia. Jakarta : Depdikbud.
Ebbing, Darrel D. 1984. General Chemistry. Wilmington: Houngton Miffling
       Comp. Eckenfelder, W. W. 1989. Industrial
Herron,J.Dudley,et.al.1993.chemistry.Massachusets: D.C.Heath Company.
Hiil, Graham C,. Al. 1998. Chemistry in Context. Ontario: Nelson.
Hil, John  W., et. Al. 1998. Chemistry for Changing Times. New Jersey: Prentice
       Hall.
Holtclaw, Robinson. 1988. General Chemistry. Massachusets: D.C Heath
        Company Hunt, J.A., et. al. 1984. Chemistry Essex: Longman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar